PERKEMBANGAN
BAHASA ANAK USIA DINI
YASMIN FARADIBA
ABIDIN
18 Maret 2015
BEASISWA
LPDP. DEPKEU./WWW.BESASISWA.LPDP.CO.ID
PEMBELAJARAN
SUATU USAHA YANG MEMBUAT ANAK BELAJAR, ATAU SUATU
KEGIATAN UNTUK MEMBELAJARAN PESERTA DIDIK(WARSITA:2008)
PENGERTIAN KEMAPUAN BERBAHASA
BROMLEY: BAHASA ADALAH ALAT PENGHUBUNG ATAU
KOMUNIKASI ANTARA ANGGOTA MASYARAKAT YANG TERDIRI DARI INDIVIDU2 YANG
MENYATAKAN PIKIRAN, PERASAAN, DAN KEINGINAN BAIK SECARA VERBAL MAUPUN SIMBOL2
VISUAL
.
PAPALIA. ANAK USIA 5-7 TAHUN SUDAH DAPAT
MENGAERTIKAN KATA SEDERHANA, TAHU BEBERAPA LAWAN KATA. ANAK SUDAH DAPAT
MENGGUNAKAN KATA SAMBAUNG, KATA DEPAN DAN KATA SANDANG DAAM PEMBICARAAN
SEHARI2.
BAHASA EGOSENRISNYA MULAI BERKEMBANG DAN BANYAK
MEMILIKI BAHASA SOSIAL. PADA USIA DINI ANAK MEMILIKI 2000-25000 PEMBEDAHARAAN
KATA.
OWEN: ANAK
USI 5-6 TAHUN MASUK KE DALAM MASA MAJEMUK DIMANA KEMMAPUAN BERBAHASA ANAK YANG
MENINGKAT
ANAK MAMPU MENGUCAPKAN KALIMAT PANJANG, ANAK MAMPU
MENGKOMBINASIKAN HURUF MENJADI KATA DAN KATA MENJADI KALIMAT, BERKEMBANGN
MENJADI SEMAKIN RUMIT SEPANJANG MASA KANA-KANAK AWA
TAHAP BERKEBANGANBAHASA
1. BERBICARA
. EGOSENTRIS SPEECH: NGOMONG SENDIRI 2-3TAHUN(MONOLOG)
2. SOSIAL
SPEED : BERKOMUNIKASI DG ORANG LAIN. 1.SALING BERTUKAR INFO,2. PENILAIAN UCAPAN
ATAU TINGKAH LAKU ORAG LAIN, 3.PERMINTTAN, PERINTAH,ANCAMAN, 4. PERTANYAAN, 5.
JAWABAN
KRITERIA UKURAN MENURUT UKURAN:
1. ANAK
BISA BERBICA DG BENAR
2. ANak
SEKEDAR MENGIKUTI APA YANG DI DENGAN ANAK(MEMBEO)
INDIKATOR UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN ANAK BERBICARA
BENAR
1. ANAK
MENGETAHUI ARTI KATA YANG DIGUNAKAN DAN MAMPU MENGHUBUNGKAN DG OBJEK YANG
MEWAKILINYA
MENYIMAK: MENDENGARKAN DENGAN PENUH PEMAHAMANN DAN
PERHATIAN SERTA APRESIASI.
CONTOH CERITA ANAK TAK BOLEH KATA BERSAYAP. SEPERTI:
IBU MEMASAK SAYUR DI DAPUR SAMBIL MENANAK NASI.
TAHAPAN BELAJAR MMBACA
1. TAHAP
FANTASI
2. TAHAP
PEMBENTUKAN KONSEP DIRI MEMBACA
3. TAHAP
MEMBACA GAMBAR
4. TAHAP
PENGENALAN BACAAN (TAKE OFF READER STAGE
5. TAHAP
MEMBACA LANCAR
MENULIS PADA ANAK USIA DINI: MENULIS PADA USIA DINI
BERUPA MENGGAMBAR DAN MENCORET2.
TAHAPAN MENULIS
1. MENCORET
2. TAHAP
PENGULANGAN
3. MENGENAL
HURUF
4. TULISAN
MERUPAKAN BAHAS SIMBOL YANG DAPAT MENGUNGKAPKAN SESUATU
BAHASA YANG DIKEMBANGKAN DI AUD
1. BAHASA
RESIFTIPF: BAHAS BERSIFAT PEMAHAMANAN. ANAK HARUS PAHAM YANG DISAMPAIKAN ORANG
LAIN. MIS, MEMBACA
2. BAHASA
EKSPRESIF: MENUNTUT ANAK MENGUNGKAPKAN BAHASA. MIS, MENULIS
3. BAHASA
ORAL:
4. BAHASA
TULISAN
URUTAN PERKEMBANGANA BAHASA
1. PENGALAMAN
2. MENYIMAK
3. EKSPRSESI
ORAL: MENANGIS, BERGUMAM, BERCELOTEH,
4. MEMBACA:
5. PENGALAMAN
MENULIS: MENULIS KREATIF, TATA BAHASA, PEAFALAN, PENGGUNAAN KATA
KOMPONEN PENGEMBANGAN BAHAS ANAK PRASEKOLAH
1. PENNGKATAN
KOSA KATA
2. KESADARAN
FONOLOGIS
3. PEMAHAMN
TERHADAP CETAKAN
4. HURUF
DAN KATA
5. ARTI
KATA
6. PEMAHAMAN
TERHAPAN BUKU
7. MINAT BACA
SENSOSI MOTORI: MENGGUNAKAN SEMUA PANCA INDERA DALAM
BERMAIN(MASTERY PLAY)
1. Menyimak
2. Berbicara
3. Membaca
Rancangan
Kegiatan Pengembangan
BAHASA
AUD
Tema/Sub Tema/Tema spesifik: Binatang/ Serangga/Semut
Kelompok Usia: 3-4
tahun
Nama kegiatan : 1)
Bercererita “Semut yang baik hati’
2). Bermain kubus
pintar
Menulis di atas serbuk
kertas
Tujuan Pembelajaran:
Evaluasi setelah
simulasi Langkah kegiatan
1. Bercerita semut yang
baik hati melalui wayang senut dan serangga. Lebih baik dilakukan di panggung
boneka. Guru bercerita sendiri baru murid . ketika selesai bercerita guru menanyakan dg pertanyaan terbuka seperti
mengapa dan bagaimana
2. Bermain kotak huruf
bergambar dan menulis di atas serbuk sebaiknya di pisah karena pada usia ini
pengkondisian anak masih sangat sulit. Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan
alternatif atau cocok untuk sentra
0 komentar:
Posting Komentar