DETEKSI
DINI TUMBUH KEMBANG ANAK
(DDTK)
19 Maret 2015
Bu Azizah
DETEKSI
DINI
"KEGIATAN UNTUK MENEMUKAN SECARA SEDINI MUNGKIN
ADANYA POTENSI DAN HAMBATAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA AUD
TAHAPAN BERMAIN ANAK"
1. Sensori
Play/Masteri Play 0-2
2. Pra
Operational (2-7) :Simbolic Play Dan Contructif
3. Operasiona
Konkret(7-11) :Game With Aturan / Rule
4. Oerasional
Formal 11 >
PERTUMBUHAN : bertambahannya ukuran fisik yang dapat
di ukur dg satuan ukuran
PERKEMBANGAN : Bertambahnya Fungsi Psikis Dan Fisik
Anak Meliputi Sensorik (Mendengar, Meliat, Meraba, Merasa Dan Menghirup).
Motorik (Gerakan Motorik Kasar Dan Halus), Kognitif (Pengetahuan Dan Kecerdasan). Komunikasi
(Bicara Dan Bahasa), Sikap Reigius,
Sosem, Kreativitas
.
(BUKU
ALLEN K MARROT atau DAP tentang standar perkembangan anak)
Stimulasi : pemberian rangsangan pendidikan yang
diberikan untuk mencapai kompetensi sikap atau pengetahuan dan keterampilan
bagi anak usia dinii sampai usia 6 tahun agar tumbuhkembang anak optimal.
intervensi: tindakan yang dilakukan setelah deteksi
dini.
rating skill; penilaian/asesmen kemmapuan anak
strategi dalam deteksi dini; melalui pengamatan dan
wawancara.
pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran
belangsug meliputi pertumbuhan fisik, sikap dan perilaku anak.
yang diobservasi adalah perilaku yang ditunjukkan
anak. (antusias, malas adalah tafsiran bukan sikap yang bisa diamati
TEHNIK ASESSMENT = alat untk penilaian
1. dafar
cek perkembangan: daftar sejumah kriteria yang ditetapakn untuk merekam
pengamatan yang akan dilakukan guru. penskorannya dg, ya/tdk. terlihat/tak
terlihat
2. rating
scale: adalah tehnik asesmen menurut tingkatan keberdaan perkembangn anak.
hampir sama dengan daftar ceklist namun lebih berfokus pada tingkatan
keberadaan perkembangan ana. penyekorannya seperti bintang 1, 2,3.
3. catatan
anekdot: catatn atau narasi berisi potongan kehidupan anak di dalam kelas
ketika anak sedang mengerjakan kegiatan yang bersifat faktual dan terbebas dari
opini guru. atau kejadian luarbiasa yang
terjadi di dalam kelas. kelemahan tak mendapat gambar yang seutuh2nya ketika
pembelajaran terjadi. kebihan cepat dan mudah.
4. portofolio
: rekaman pembelajaran yang berfoku pada pekerjaan anak dan refleksinya terhadap pekerjaan tersebut. bisa
melalui catatan dokumentasi
5. running
record= catatan terus menerus. tidak mengetahui terjadinya peristiwa tepat pada
waktu nya
6. time
sampling= membagi beberapa waktu . dapat
mengetahui terjadinya peristiwa yang
terjadi secara berulang2.
7. event
sampling= mencatat kejadian yang terjadi sewaktu2 untuk mengetahui sebab dan
akibat dan melakukan perilaku
A
|
Perilaku
|
C
|
Peristiwa sebelum
|
|
|
Muka merah dan dia mengepalkan tangan
|
Dian menampar Didi
|
Didi menangis
|
setelah kolom seperi itu baru
diberi tafsiran2 guru
8. wawancara
0 komentar:
Posting Komentar