SENI/ART N CRAF
Bu hikmah dan ibu Sri Wulan (Dosen UNJ)
16 Maret 2015
Membatik (seni+stud sosial)
Mengapa seni itu hbat untuk anak usia
dini? Seni bisa terintegrasi dengan
bidang-bidang yang lain
Seni dapat mengembangkan/tujuan
pengembangan seni
1.
Sosial dan
emosional:
menyatakan perasaan, belajar menyalurkan enmosi, menyatakan ciri khas, suatu
kebanggaan, memberikan peluang anak untk berinteraksi dan bekerjasama dengan
kelompok
2.
Cognitif dan
bahasa :
anak dapat belajar sebab akibat, menyatakan bentuk atau objek, meningkatkan
kraetivitas,membantu anak menyelasaikan masalah.mengembangkan perencanaan
3.
Fisik/motorik:
mengembangakan ketereampilan motorik halus( seni merupakan alat untuk mengembangkan aspek perkembangan anak,
bukan tujuan akhir. Seni di AUD tidak mencetak anak untuk menjadi pelukis atau
penari)
Komponen perkembangan seni
1.
Dance/menari:
mengekspresikan gagasan melalui gerakan, mengembangn respon anak melalu usik,
menyalurkan perasaan
2.
Musik:
mampu mengkombinasi bunyi
3.
Bermain
peran:
4.
Visula
art/seni kriya:kerajinan tangan
6 tahapan perkembangan seni lowenfeld
dan britain (1992)dibawah ini ada 4 tahapan untuk AUD
1.
Scribbing (2-4th)= membuat
coretan lebih sederhana, garis dan bulatan
2. Preschmathic(4-7)= mulai meukis objek yang berada
disekelilingnya
3. Schematic( 7-9)
4.
Dawning
realism(9-12)
lukisan lebih realistik, mulai membandingkan hasil karya dengan lukisan
temannya dan lebih berhati-hati individualistik dan menitikberatkan kualitas.
Lukisan anak-anak digunakan oleh orang
dewasa untuk menyelami perassaan dan pikiran anak, membantu meningkatkan
sensitiveitas anak terhadap lingkungan.
Unsur
umum dari seni
1.
Garis,
2.
Bentuk
3.
Surat/komunikasi
4.
Kata-kata
5.
Kalimat
PENGEMBANGAN
SENI
Pentinganya art/seni= anak dapa
menyatakan perasaaannya, proses menciptakan lebih penting daripada hasil.membri
peluang untuk mengembangkan fisik anak
1.
Pengaturan
ruangan : rancang ruang yang cukup nyaman, dekat dengan sumber air
2.
Pemilihan
bahan/material:pertama-tama guru memastikan
bahwa area seni menyediakan bahan dasar.
Macam kegiatan seni kriya
1.
Kegiatan krayon:
a.
mencoret, b.
b.
menarik macam2 garis,
c.
menggambar dg doudle crayon,
d.
mewarnai garbar dg titik2 warna,
e.
menggambar dan mewarnai di atas karton hitam,
f.
mewarnai gambar sesuai petunjuk,
g.
washes(setelah menggambar digosok),
h.
menjiplak (arsir”mewarnai biasa/menggosok uang
logam”, tracing mis,”tutup gelas digelas”,copying” karbon/menjiplak”),
i.
menggores,
j.
membatik dg
krayon(menggambar batik setelah itu diremas sehingga krayon pecah2),
k.
menggambar diatas kertas remas,
l.
menggambar amplas (membuat gambar d atas kertas
amaplas, hvs ditutup diatas kertas amplas kemudian disetrika),
m.
mengeecap
dengan krayon leleh(bhan tambahan lilin, krayon di yang dibakar), menggambar dg
minyak, menggambar diatas kain,
n.
menggambar dg bubuk krayon, membuat kipas dg motif
bubuk krayon.
2.
Kegiatan spidol: mewarnai gamar dengan titik2 pidol,
melukis dengan spidol dan ai(menggambar di atas kertas dg spidol kemudian
sipakan tisu dan tisu di usap2 diatas gambar), membatik dg spidol (membuat
titik2 atau gambar di atas tisu yang dilipat) , menjiplak dg spidol (bahan
tambahan plastik bening yang digambari, ambil ketas dan ditepelkan diatas
plastik dan di gosok2 sehingga gambar yang ada di atas plastik pindah di atas
kertas), menggambar engan spidol permaen, menghias botol dg spidol permanen.
3. Keg cat air/cat minyak
a.
Menggambar
rahasia(menggambar dg waran putih kemudian di usap dg warna lain)
b.
Melukis
di atas ketas remas
c.
Sekalkomani/gambar
simetris
d.
Marbling/menggambar
dg kelerengan
e.
Melukis
dengan sedotan/tiupan
f.
Melukis
dg benang
g.
Menyablon
: membuat poal diselembar kertas, digunting sesuai pola, kemudia di saplon dg
kapas yang diwarna
h.
Fingerpainting
i.
Membatik
dengan sepuhan dan tisu ( ketas yang digulung dimasukkan k warna)
j.
Stempel
jari
k.
Stempel
tangan
l.
Stempel
tangan
m.
Stempel
saabun cair(air dikasih sabun dikasih pewarna, kemudian ditempeli air)
n.
Stempel
macam-macam dg bahan
o.
Melukis
di atas air (lukisan marmer). Bahan tambahan cat minyak..tuangkan cat minyak di
atas baskom kemudian aduk2, setelah itu tempelkan kertas di atas permukaan air
dan keringkan.
p.
Menghias
batu. Cat asturo
q.
Membuat
jumputan. Jumputan yang di ikat ikat kemudian di celupkan diwaarna
r.
Mematik
dg cat air dan kanji. Tepung kanji dicampurkan air dan warna bkemudain di
percikan dia atas kertas
4. Kegiatan kertas
a.
Kolase:
mencipta pola dan mengisi pola. Bedanya menciptakan pola anakan anak membuat
bentuk/pola sendiri, mengisi pola sudah ada pola tinggal d isi anak
b.
Mozaik
c.
Merobek
bebas
d.
Mencocok
e.
Menganyam:busa
hati/ kain flanel agar tidak cepat sobek
f.
Melipat
menggunting dan menempel
g.
Origami
h.
Membuat
gambar gandeng
i.
Menyussun
kertas gulung
j.
Jigsaw:
menyusun bentuk geometri untuk menjadi obyek yang bisa menggambarkan objek
k.
Meronce
l.
Menggambar
dg bebagai media
m.
Fingerpainting
n.
Kegiatan
dg origami dan kertas lainnya
0 komentar:
Posting Komentar